Tips Mudah Membuat Tangga Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalsi lebih dari satu lantai tentu membutuhkan tangga untuk menghubungkan. Sebagai rumah minimalis modern, tentu desain interior dibuat sebaik mungkin yang terkadang terlihat sederhana namun tampak mewah. Dengan memanfaatkan tangga yang baik, maka akan melengkapi rumah minimalis Anda.

Pemilihan tangga yang sesuai juga akan sangat berpengaruh. Sebab kehadirannya sendiri dilihat akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat tangga menjadi lebih tertata dan menambah kesan pada rumah Anda.

Hal tersebut dilihat dari berbagai sisi seperti material yang digunakan, warna yang sesuai serta lebar dan panjang dari tangga tersebut. Sebenarnya ada banyak model tangga yang dapat Anda pilih. Namun sebelum ini, ada beberapa tips membuat tangga rumah minimalis yang penting diperhatikan.

Tips Membauat dan Memilih Desain Tangga Rumah Minimalis

Berikut ini beberpa tips untuk membut maupun memilih tangga untuk rumah minimalis menjadi lebih modis, unik dan modern serta berbeda dengan yang lainnya:

1. Hindari Penggunaan Tangga Berbahan Beton

Seperti yang diketahui, jika tangga beton akan terlihat lebih kokoh dan juga besar. Sehingga ruang minimalis Anda yang terbatas akan semakin sempit sebab membutuhkan banyak ruang jika menggunakan tangga ini. Oleh karena itu, hindari penggunaan tangga beton ini.

2. Perhatiakan Lebar dan Panjang Tangga serta Tingkat Kecuraman

Tips selanjutnya adalah selalu perhatikan panjang dan juga lebar dari tangga. Kembali pada ukuran ruangan yang tidak luas, maka sebaiknya gunakan tangga dengan ukuran yang hanya dapat dilalui oleh satu orang. Bila diukur maka cukup dengan panjang kurang lebih 80 cm dan lebar 27 cm untuk per anak tangganya.

Tidak hanya itu, jarak antar anak tangga juga perlu diperhatikan. Pada idealnya untuk jarak sendiri adalah 15 sampai dengan 19 cm sehingga aman dinaiki oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selanjutnya ialah tidak boleh terlalu curam karena akan cukup berbahaya.

3. Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Untuk mendukung desain interior pada rumah tersebut, maka agar lebih rapi dapat dengan memanfaatkan ruang yang berada di bawah tangga. Contohnya seperti untuk ruang menyimpan perabotan atau lain sebagainya. Anda juga dapat memanfaatkan anak tangga dengan menjadikannya tempat menyimpan seperti mainan anak-anak.

Demikian itulah tips membuat tangga rumah minimalis agar tidak memakan ruang dan lebih bermanfaat. Kemudian, agar menyesuaikan dengan desainnya, ada banyak pilihan inspirasi tangga minimalis. Beberapa diantaranya seperti kantilever atau tangga melayang, tangga dengan bentuk spiral, tangga kaca dan tangga gantung.

Untuk bentuk tangga kantilever atau yang sering disebut tangga melayang itu sendiri merupakan tangga yang ditopang oleh tembok pada sisi tangga. Untuk memberikan sentuhan layaknya melayang, sebaiknya menggunakan bahan kayu. Sedangkan tangga spiral ini memang terlihat unik dan tidak memakan ruang.

Maka dari itu tidak heran jika banyak yang menggunakan tangga jenis spiral. Selanjutnya untuk tangga gantung sendiri lebih cocok untuk rumah dengan ukuran yang kecil dengan perpaduan tembok warna putih. Tidak kalah menariknya dengan tangga kaca yang akan membuat ruangan terkesan mewah, mahal dan luas.

Demikian itulah penjelasan singkat tentang inspirasi tangga untuk rumah minimalis. Agar dapat menyesuikan dengan baik, maka lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Sehingga hasilnya tidak mengecewakan dan puas dengan apa yang Anda miliki saat ini. Tangga memang terlihat sepele namun kenyataanya sangat penting.