Tips Belajar Internet Marketing Dasar Untuk Pemula Yang Tepat

Internet menjadi bagian dari kehidupan era digital bahkan sudah masuk kategori kebutuhan popko. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan termasuk jual beli. Transaksi tidak lagi secara tunai dan langsung melainkan beralih ke online. Meskipun terkesan mudah, para penjual harus mampu meyakinkan pembeli bahkan produk berkualitas, transaksi aman dan terjamin, garansi, dan layanan apapun untuk menarik perhatian.

Kondisi tersebut membuat marketing dan promosi menerapkan media internet dan digital. Perlu diketahui bersama, mayoritas pembeli menggunakan internet untuk melakukan riset sebelum membeli produk. Dengan marketing, perusahaan dan bisnis mampu menjangkau mereka dengan mudah serta lebih fleksibel. Anda tertarik di bidang ini dan ingin menerapkannya. Bagi yang masih awam, beberapa tips berikut sangat berguna saat meningkatkan skill dan pemahaman terkait dunia internet marketing.

Daftar Tips Belajar Internet Marketing Bagi Pemula

  1. Produk dan jasa

Marketing di media apapun tetap sama karena tujuannya adalah mengubah eksposur menjadi transaksi. Sebelum lanjut belajar dan berlatih, Anda perlu mengerti produk dan jasa. Jika menjual produk smartphone, pelajari tentang spesifikasi dan sistem. Sebagai marketer, Anda paling tidak mengerti secara dasar dan bersedia sebagai sumber informasi bagi calon customer. Gunakan mesin pencari dan beberapa tool untuk melakukan riset terkait produk terbaru, tren, terlaris, dan apapun sehingga info lebih valid.

  1. Kompetitor

Selanjutnya, riset kompetitor merupakan bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Anda berpikir produk sangat unik dan belum ada yang menjual. Tunggu beberapa minggu atau bulan maka kompetitor berdatangan. Jika masuk ke pasar yang sudah eksis dan tersedia, Anda sebagai pemain baru justru harus lebih banyak riset dan mengenali para kompetitor tersebut. Seperti biasa, tool seperti ini tersedia di beberapa platform.

  1. Membuat profil target dan konsumen

Kesalahan umum digital marketing yaitu beranggapan semua user internet adalah sama. Anda perlu menyadari bahwa mereka berbeda preferensi, lokasi, usia, kelas sosial, kebutuhan, dan demografis. Marketing membutuhkan profil konsumen yang akurat sehingga penerapan strategi lebih efektif.

  1. Platform digital marketing

Tahap berikutnya adalah memilih platform untuk digital marketing. Anda dapat memulai dari produk buatan Google dan Facebook karena sudah terkenal. Jika ingin masuk ke niche tertentu, pilih platform dan tool yang memang khusus untuk tujuan tersebut. Setiap platform memiliki fitur dan sistem berbeda. Cara mudah belajar internet marketing adalah langsung mempelajari tool yang dimaksud.

  1. Social media

Selanjutnya, Anda juga perlu mengerti social media marketing. Website toko online dapat traffic dari beberapa cara. Selain SEO dan iklan, ada juga social media yang mampu menarik para user untuk beralih ke website sehingga menerima info lebih dan melakukan transaksi.

Lebih Lanjut Mengenai Digital Marketing

  1. Konten

Digital marketing membutuhkan konten yang relevan. Anda sebaiknya mengerti storytelling sehingga mampu mengajak pengunjung agar tertarik lalu membeli produk. Apabila ada waktu, belajar copywriting juga penting di bidang ini.

  1. Agency

Pada umumnya, bisnis dan perusahaan tidak memiliki divisi khusus untuk marketing. Mereka menggunakan pihak ketiga untuk menyiapkan promosi, konten, dan lainnya. Untuk hasil terbaik, pilih publisher atau digital marketing agency yang berpengalaman. Mereka mengerti strategi, konsumen, tool, platform, dan apapun terkait marketing di bidang ini.

Digital marketing merupakan bidang yang luas. Perubahan sering terjadi karena menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Syarat untuk menjadi marketer yang terbaik di dunia digital adalah beradaptasi dengan kondisi dan keadaan. Metode dan platform baru bermunculan dengan fitur lebih canggih dan optimal. Selama mengerti konsep dan prinsip dasar, Anda akan mudah mempelajarinya.